Resep Risoles Empuk Renyah dan Bergizi, Lezat Banget

Resep Risoles Empuk Renyah dan Bergizi, Lezat Banget

Berbicara tentang rasa tentunya resep membuat risoles lezat ini sangat lezat loh bunda. Selain lezat anak-anak pasti bakalan suka. Nggak percaya ? makanya buruan dicoba. Jadi tungu apalagi bunda, segera sajikan cemilan sehat untuk anak bunda dirumah. Kesehatan sikecil adalah kebahagian untuk bunda. Jadi tunggu apalagi, yuk langsung saja kita lihat cara membuat risoles enak empuk dan bergizi berikut. Tetapi terlebih dahulu mari kita persiapkan bahan-bahannya berikut ini :

Bahan-bahan pembuatan kulit risoles
Tepung terigu 500 gram sebagai bahan utama pembuatan kulit risoles
1 liter Susu Cair
5 pcs telur ayam
1 sendok garam yodium atau garam dapur
Minyak goreng bening atau baru sekcukupnya, jika bunda ingin mengunakan metega penganti minya goreng juga bisa, sediakan mentega 7 dampai 8 sendok mentega.

Bahan-bahan isian risoles
2 pcs wortel merah segar ukuran besar
Daging ayam yang sudah matang 350 gram, potong dan suwir-suwir
2 pcs ketang . kupas kulitnya dan rebus hinga matang dan potong kecil kotak-kotak
1 butir telur ayam oleskan ketepung panirnya.
4 pcs Bawang putih besar kupas dan potong kecil kecil.
Tepung terigu yang kemudian beri air secukupnya agar lembek.
Merica bubuk secukupnya.
Setengah gelas Susu cair
Air yang sudah dimasak matang secukupnya
Garam yodium , gula pasir putih dan margarin secukupnya (untuk menumis bumbu bumbunya).
300 gram Tepun panir atau tepung roti.

Setelah mempersiapkan semua bahan-bahan diatas, barulah kita bisa lanjut untuk cara membuat risoles menyehatkan beserta prosesnya. Untuk membuatnya menjadi empuk dan menyehatkan cemilan sehat untuk anak maka perhatikan langkah-langkah berikut ini :

Langkah pembuatan kulit risoles :

  1. Pertama pecahkan 5 pcs telur yang sudah disediakan tadi dan masukkan kedalam wadah.
  2. Kocok telur ayam yang telah dimasukan kedalam sebuah wadah tadi, kemudian kocok mengunakan mixer yang ditambahkan dengan 1 sendok garam yodium.
  3. Setelah itu tuangkan susu cair yang sudah bunda sediakan tadi dan aduk mengunakan sendok atau spatula sampai semua bahan tercampur. Aduk sampai merata.
  4. Langkah selanjutnya adalah tuangkan tepung terigu yang sudah disediakan sedikit demi sedikit pada adonan sebelumya. Gunakan tangan untuk efektifnya pengulenan adonan agar cepat merata.
  5. Setalah adonan merata masukkan minyak goreng atau margarin yang telah disediakan. Aduk kembali sampai merata dengan menggunakan tangan.
  6. Setelah selesai diamkan adonan kurang lebih 10 menit dan tutupi dengan pelastik dengan tujuan agar adonan menjadi pulen.
  7. Setelah itu siapkan wajan pengorengan dengan mengunakan api yang kecil. Olesi wajan pengorengan dengan minyak dan sedikit tambahan mentega.
  8. Masukkan adonan yang telah dibuat tadi sedikit saja kedalam wajan yang sudah dipanaskan. Tuang adonan sedikit saja agar menghasilkan kulit risoles yang tipis.


Setelah memuat kulit risoles diatas maka selanjutnya adalah cara pembuatan risolesnya, berikut ini adalah cara dan langkah-langkah pengolahan serta pembuatan isi risoles dan proses finishing enak empuk dan bergizi cemilan sehat untuk anak :


  1. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicintang halus. Gunakan margarin untuk menumis.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah diberi air kedalam bumbu tumisan dan aduk hinga merata.
  3. Masukkan 1 gelas air yang sudah matang, aduk hinga tepungnya merata.
  4. Selanjutnya adalah Masukkan wortel dan kentang yang sudah direbus sebelumnya dan dipotong potong kecil kecil dan kemudian Aduk kembali sampai tercampur rata.
  5. Setelah itu segera Masukkan irisan daging ayam yang sudah direbus dan disuwir-suwir tadi dan aduk kembali semua bahan sampai tercampur rata
  6. Langkah selanjutnya adalah aduk sampai wortel dan kentangnya benar benar matang lalu masukkan garam, merica dan gula secukupnya. Aduk aduk kembali sampai rata.
  7. Setelah itu Masukkan air susunya dan aduk kembali. Tunggu sampai bahan isian mengental dan agak menyusut.
  8. Langkah berikutnya adalah Ambil kulit risoles yang sudah dibuat dan isi lah secukupnya denga bahan isian diatas. Lengkatkan dan bungkus dengan putih telur.
  9. Setelah itu Kocok telur dan masukkan risoles mentah ke dalamnya. Langsung saja Gulung di dalam tepung panir nya dan taburi di atasnya sampai semua bagian tertutupi ya bunda.
  10. Diamkan dulu sebelum di goreng selama 30 menit bunda.
  11. Setelah didiamkan selama setengah jam, Risoles siap untuk digoreng dengan api sedang kecil dan gunakan minyak yang banyak agar adonan risolesnya terendam penuh dalam minyak dengan tujuan matang hinga kedalamnya.


Nah Risoles Enak Empuk dan Bergizi Cemilan Sehat Untuk Anak Siap untuk disantap. Setelah semuanya selesai Risoles Enak Empuk dan Bergizi Cemilan Sehat Untuk Anak siap untuk disajikan pada saat bersantai baik pada siang hari, sore hari ataupun malam hari.

Adapun untuk aneka kreasi risoles lainnya, bunda bisa liat dari gambar-gambar dibawah untuk proses kreasinya dan juga menambah wawasan bunda dalam mengolah risoles dengan berbagai macam variasi masakan.. Selamat mencoba bunda. Happy Cooking Bunda. ^_^

Resep ini dimasak kembali oleh : Rahma
Tulisan ini ditulis oleh : Rahma
Terimakasih
sumber: http://kupasresep.com/resep-risoles-empuk-dan-bergizi-terbukti-lezat-banget/