Resep Bolu Karamel Sarang Semut. Kuliner Legendaris Yang Enak Banget

Resep Bolu Karamel Sarang Semut. Kuliner Legendaris Yang Enak Banget
Resep Bolu Karamel Sarang Semut. Kuliner Legendaris Yang Enak Banget

Bolu karamel sarang semut ini juga merupakan salah satu makanan atau kuliner yang paling populer saat ini. Bolu ini rasanya legit dan lembut ketika dikunyah. Bolu ini disebut bolu sarang semut karena terdapat pori-pori seperti sarang semut pada teksturnya ketika dipotong potong. Bolu ini sangat banyak sekali dan paling laris dijual di took took kue, namun sebenarnya jika kita ingin sendiri membuatnya ternyata juga bisa ya bun, dan permasalahannya ialah pada saat membuatnya pasti hasilnya agak pahit. Ini mungkin disebabkan karena pemanis yang dipakai pada saat itu dicampur dengan pemanis buatan.

Nah buat bunda yang ingin membuat bolu karamel sarang semut yang matangnya memuaskan dan rasanya lezat, saya ada resepnya agar bisa dipraktekin sendiri dirumah ya bunda. Saya sendiri menggunakan resep yang pernah dishare oleh Bunda Tita dan saya coba praktekan lalu hasilnya benar benar memuaskan. Daripada bingung darimana memulai untuk membuat bolu karamel sarang semu ini, langsung saja kita harus persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu ya bunda.

Bahan-bahan karamel cairan :
1 sdm butter (mentega)
2 cup gula pasir
2 sdm margarine
250 air panas
½ sdt vanilla cair
150 ml air dingin

Bahan-bahan keringnya adalah sebagai berikut
2 sdt baking soda
1 sdt baking powder
1/2 cup tepung sagu
200 ml SKM
1 3/4 cup terigu protein sedang
1 sdm bubuk susu merk dancow

Bahan cair :
5 btr telur
Dan setelah bahan-bahan telah kita persiapkan, barulah kita dapat memulai proses membuat bolu karamel sarang semut yang sangat populer ini. Dan dalam memasak kunci keberhasilannya terletak pada ketelatenan dan pantang menyerah untuk terus mencoba agar mendapatkan cita rasa yang pas.

Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut

  1. Untuk membuat cairan karamel : masukkanlah gula pasirnya ke dalam Teflon, kemudian masaklah dengan nyala api kecil, jangan mengaduk sampai terbentuk karamel kecoklatan
  2. Lalu tuangkan air panas, kemudian aduk hingga gula melarut, kemudian matikan api. Lalu dilanjutkan dengan memasukkan air dingin , vanilla cair, butter dan margarine. Dan biarkan sampai dingin.
  3. Langkah selanjutnya ialah mencampurkan bahan bahan keringnya , yaitu : sagu , terigu , susu bubuk, bs , bb . (ayak dahulu agar tidak ada gumpalan)
  4. Siapkan Loyang dan panaskan oven.
  5. Lalu kemudian kocok telur dengan memakai alat whisk, asal tercampur saja. Dan masukkanlah SKM (susu kental manis), kemudian aduklah kembali. Terus masukkan bahan kering yang diselingi dengan cairan karamel hingga habis. ( lakukan selang seling diantara bahan kering dan cairan karamel sampai tercampur).
  6. Dan langkah terakhirnya masukkan Loyang dan oven dengan nyala api sedang selama lebih kurang 45 menit.


Dan jadilah bolu karamel yang mateng dan bolunya siap dihidangkan menemani waktu rehat bersama keluarga dan orang orang tercinta. Bolu karamel tinggal dipotong potong dan disantap bersama.

Terimakasih dan resep ini oleh Tita meitasartika
Dimasak ulang oleh Rahma
Ditulis ulang oleh Rahma
sumber: http://kupasresep.com/resep-bolu-karamel-sarang-semut-kuliner-yang-lezatnya-legendaris/