Waspada! Kalau Muncul “Tahi Lalat yang Seperti Ini” di Kulitmu, Hati-hati Mungkin “Kanker” Telah Diam-diam Menggerogoti Tubuhmu!!

Ngomong-ngomong soal kanker, biasanya gejalanya akan muncul di kulit. Banyak orang mengira bintik hitam di kulit hanya tahi lalat biasa. Pada dasarnya, tahi lalat memang tidak berbahaya, tapi yang hari ini kita bicarakan adalah tahi lalat yang berhubungan dengan tumor atau kanker, melanoma!


Mungkin pertama dengar kata melanoma, banyak orang berpikir bahwa itu adalah sejenis tumor jinak, tidak begitu serius. Tapi sebenarnya melanoma sendiri tergolong kanker yang ganas. Dalam tingkat kematian akibat kanker kulit, melanoma menempati posisi relatif atas. Jadi, jangan remehkan “tahi lalat” kecil ini! Yuk kenali ciri-ciri dan perbedaan antara melanoma dengan tahi lalat biasa!

Karakteristik melanoma adalah menyebar dan berpindah dengan cepat, berkembang dengan pesat dan beresiko tinggi mengakibatkan kematian.

Berikut ini ciri-ciri tahi lalat yang bisa jadi berkembang menjadi melanoma:

1. Muncul warna hitam kebiruan di sekitar tahi lalat
2. Rasa sakit atau tidak nyaman pada bintik/daerah di sekitarnya, muncul nanah atau cairan dari tahi lalat
3. Perubahan warna dan ukuran pada tahi lalat, misalnya bertambah besar, warnanya menggelap atau memudar.
4. Muncul tahi lalat baru di sekitar tahi lalat yang sudah lama, seperti menyebar atau beranak

5. Urin menjadi warna kehitaman atau kebiruan

Ada baiknya setiap mandi atau ganti baju, berdirilah di depan kaca dan amati sendirir tahi lalat di tubuh kamu, apakah terjadi perubahan. Kalau kamu memiliki salah satu dari 5 poin di atas, segeralah periksa ke dokter.

Apabila muncul rasa sakit pada tahi lalat, 90% kemungkinan itu adalah melanoma.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan mencegahnya berubah menjadi lebih ganas antara lain:

1. Perbanyak makan wijen dan kacang-kacangan. Kacang mengandung mineral, protein dan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mencegah kanker.

2. Banyak makan buah dan sayuran segar, kurangi makan daging, usahakan agar tubuh mendapat nutrisi yang baik.

3. Banyak makan bawang, apalagi yang suka makan daging. Bawang mentah sudah terbukti ampuh untuk mencegah dan membantu pengobatan kanker.

4. Kurangi makanan manis, berminyak, banyak micin, konsumsi makanan yang lebih tawar sebenarnya lebih baik untuk kesehatan. Kurangi gula, garam, minyak, daging, pedas, rokok, goreng-gorengan.

Segera periksa tahi lalatmu! Kalau terjadi perubahan bentuk, warna, luka dan bernanah, maka kamu harus hati-hati. Selain itu, kalau muncul rasa sakit atau gatal pada tahi lalat, sebaiknya segera periksa ke dokter. Lebih cepat lebih baik! Semoga bermanfaat!

Sumber: thehealth/ Cerpen.co.id